Living Wellness

Carica,Wonosobo,Centre Java,Indonesia


Carica adalah sejenis tanaman pepaya mini yang banyak tumbuh di Dataran Tinggi Dieng. pada waktu lalu, tanaman ini juga ditemukan di daerah Batu, Malang, Jawa Timur. Termasuk dalam Family Caricaceae genus Vasconcellea. Bentuk buah nya seperti buah coklat (cocoa) tapi warna dan texturenya mirip dengan pepaya tetapi lebih kecil kira-kira seukuran kepalan tangan. Daging buah harum dan berwarna kuning kepucatan dan jika dimakan cenderung asam rasanya. Getahnya bisa terasa sangat gatal jika tersentuh kulit. Carica jarang dimakan langsung dan lebih tepat jika dibuat manisan.


Manisan Carica adalah comodity khas daerah dataran tinggi Dieng dan Wonosobo. Biasanya dijual dalam botol-botol selai ukuran 230 dan 350 gram. Setelah jadi manisan rasanya manis dan texturenya seperti buah mangga. Yang istimewa adalah saus atau air manisan yang terbuat dari biji Carica. Selain manis, aromanya sangat harum dan mengundang selera. Manisan Carica adalah oleh-oleh istimewa khas wonosobo dan dataran tinggi Dieng.


sebenarnya jika di kelola dengan baik, industri Carica bisa jadi salah satu ciri khas daerah Wonosobo sekaligus menjadi brand kedua bagi daerah wisata di dataran tinggi dieng. Dulu produk Carica sempat diproduksi masal oleh sebuah pabrik besar, tapi sejak krisis moneter tahun 1998, pabrik itu bangkrut. Kini industri Carica dijalankan dalam skala kecil (industri rumah tangga) oleh beberapa perusahaan di Wonosobo. Tim main yuk mencoba menelusuri industri buah yang harum ini.

Views: 1028

Comment

You need to be a member of Living Wellness to add comments!

Join Living Wellness

Comment by bika811 on July 20, 2009 at 10:27pm
wahhh terimakasih,ternyata ada orang satu kampung disini,salam kenal ya,saya benno,sekarang kerja di madiun.

Nanti kalo saya pulang kampung boleh ya main kepabrik nya.

ini no tlp saya 08819200360

salam
Comment by trisila on July 10, 2009 at 12:21pm
Salam Kenal,
Yuasafood-wonosobo juga produksi carica dieng in syrup dalam berbagai kemasan yang menarik. merk kami BUAVICA. coba aja kalo jalan ke Wonosobo mampir di jl Dieng KM 3,5 telp 081392193618. jangan lupa...

WALK ACROSS THE WORLD

WALK ACROSS THE WORLD is a worldwide coordinated program bringing spiritual and community leaders, children and adults into global collaboration to 'Walk for Tolerance & Understanding’. Walker’s distances will be logged throughout the year to culminate annually on October 2nd. Our goal is to have the combined total distance covered on all the walks in a year’s time equal the circumference of our Earth, some 24,800 miles.

Your World

Tell us what actions for Tolerance and Understanding are creating an impact in your part of the world to be featured on Living Wellness' World Map

Videos

  • Add Videos
  • View

© 2024   Created by Living Wellness.   Powered by

Badges  |  Report an Issue  |  Terms of Service